Pages

Subscribe:

Subscribe to our feed

Kamis, 18 Maret 2010

wireless LAN

WIRELESS LOCAL AREA NETWORK

Memperluas dan mengkoordinasi akses LAN nirkabel diseluruh kampus untuk memenuhi peningkatan kebutuhan akan akses internet secara mobile dilingkungan kampus.

WLAN ( Wireless Local Area Network ) atau biasa disebut juga LAN Nirkabel adalah sejumlah komputer yang dihubungkan secara bersama tanpa melalui media kabel dalam satu areal tertentu, namun dengan teknlogi WLAN ini dapat pula menghubungkan suatu LAN dalam gedung dengan LAN gedung yg lainnya dengan jarak tertentu sesuai dengan pancaran gelombang dari perangkat outdoornya.

Akses jaringan wireless memang bagus untuk menunjang mobilitas dari komunitas kampus, teknologi ini cocok untuk area seperti ruang kelas, ruang konfrensi, dan perpustakaan, tetapi wireless bukanlah alternatif yang baik untuk jaringan dimana aplikasi Campus Information System di terapkan, karena kecepatannya rendah, dan tingkat keamanan lebih rendah dibanding menggunakan media kabel.

Untuk menerapkan teknologi ini beberapa rekomendasi khusus perlu dipertimbangkan

Implementasi jaringan wireless harus dilaksanakan baik untuk publik ataupun tempat-tempat umum yang ada dalam lingkungan fakultas atau unit kerja tertentu. Koordinasi harus dilakukan dengan baik agar layanan aman dan handal.Menetapkan kebijakan wireless agar dapat diyakini, fakultas atau unit kerja yang akan mengimplementasikan jaringan nirkabel ini harus mendapatkan persetujuan dari PUSKOM terlebih dahulu.Komunikasi Kebijakan wireless ini harus dikomunikasikan secara luas di seluruh kampus melalui rapat pimpinan di web site dan bulletin kampus.Rencana implementasi dan jadwal pelaksanaan harus dikomunikasikan melalu website dan bulletinKomponen penyusun Wireless LAN terdiri dari

  1. Komponen fisik - WLAN : Personal Computer (PC), Wireless Radio, Antenna indoor dan Antenna Outdoor.
  2. Komponen Software : Sistem operasi jaringan, Network adapter driver, router, protocol jaringan.

Sekilas tentang Konfigurasi Wireless Local Area Network

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun Wireless Local Area Network :

1) Jarak Jangkauan Outdoor ( Luar Gedung ).

Dalam menghubungkan titik-titik permanen seperti menghubungkan antar gedung dalam jarak tertentu biasanya digunakan perangkat antenna outdoor Grid Parabolic dengan perangkat wireless radio di setiap titik, jika terdapat banyak gedung yang ingin dihubungkan dengan WLAN dapat menggunakan mode Point To Multipoint dengan satu perangkat pada satu gedung bertindak sebagai Access Point. Pada mode ini yang bertindak sebagai Access Point dapat menggunakan perangkat antenna Outdoor type Omni Directional sedangkan perangkat pada gedung yg lainnya dapat menggunakan antenna type Grid Parabolic.

2) Jarak Jangkauan Indoor. ( Dalam Gedung ).

WLAN yang digunakan dalam satu gedung untuk menjangkau Personal Computer ( PC ) atau Laptop ( Mobile PC ) yang telah di support perangkat Wi-fi ( Wireless ) agar dapat terkoneksi dengan aplikasi data dan internet. Biasanya perangkat yang digunakan adalah perangkat Wireless Radio dengan antenna type Sectoral yang dipancarkan pada titik-titik tertentu atau tiap lantai dalam satu gedung tersebut agar dapat menjangkau pancaran gelombang pada PC atau Mobile PC.

3) Jarak Pancaran.

Harus diperhatikan jarak pancaran gelombang dari Wireless Radio terutama untuk jangkaun Outdoor, agar tidak terjadi saling menggangu atau interferensi dengan sesama pengguna wireless radio pada frequensi yang sama, hal ini biasanya diatur oleh pihak regulasi setempat untuk penentuan channel yang digunakan pada frequensi tersebut.. Jarak pancaran antenna radio dalam satuan db yang dikeluarkan harus sesuai dengan jarak yang ingin dijangkau, untuk penghematan gelombang pancaran dan perangkat.

4) Keamanan atau Security jaringan.

Pada implementasi WLAN terutama pada frequensi 2,4 Ghz harus diperhatikan sisi keamanan dari jaringan, karena melihat sangat banyaknya pengguna wireless pada frequensi tersebut. Kemanan pada WLAN dapat digunakan dengan mengkonfigurasi Encryption dan Mac Adress Filter pada tiap Wireless Radio yang terpasang dalam area kampus. Agar dapat diatur perangkat-perangkat Wireless radio, PC dan Mobile PC mana saja yang berhak melakukan interkoneksi pada Wireless Radio yang terpasang di lingkup kampus.

0 komentar:

Posting Komentar